
KPU Sasar Keluarga dan Warganet di Pemilu 2019
Pekanbaru, kpu.go.id
- Meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019, Komisi Pemilihan
Umum (KPU) menyasar dua basis pemilih potensial dimasyarakat. Basis
keluarga dan warganet diharapkan mampu mendongkrak partisipasi pemilih
hingga mencapai angka yang telah ditargetkan, yakni 77,5 persen.
Di
Pekanbaru, Senin (3/9/2018), Komisioner KPU Viryan menyebut bahwa dari
11 basis pemilih yang ada, pihaknya memfokuskan diri untuk meningkatkan
partisipasi pemilih pada basis keluarga dan warganet. Untuk warganet
sendiri, baru masuk ke dalam basis pemilih yang menjadi perhatian KPU di
Pemilu 2019 ini. "Jadi keluarga dan warganet, dari keduanya juga ada
irisan yang sama yaitu pemilih milenial serta calon pemilih
(anak-anak)," ujar Viryan dihari kedua Konsolidasi Regional (Konreg)
Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu 2019.
Viryan
berharap jajarannya ditiap tingkatan memiliki strategi masing-masing
untuk menjangkau kedua basis pemilih tersebut. Dia mencontohkan, pada
dunia marketing sendiri ada konsep demografis dan psikografis untuk
menjangkau konsumen. Demografisnya itu keluarga, sedangkan
psikografisnya warganet. "Coba saja dilihat model sponsorship produk
meski itu untuk keluarga atau dewasa yang disasar adalah anak-anaknya.
Misalnya mereka membuat lomba menggambar," tutur Viryan.
Sebelumnya pada pembukaan Konreg Peningkatan Partisipasi Masyarakat, disebutkan bahwa ini salah satu tujuan kegiatan ini adalah
untuk mencapai target partisipasi pemilih di 2019. KPU sendiri
sebelumnya telah sukses mencapai angka partisipasi 75,11 persen pada
Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 silam. (hupmas kpu dianR/foto:
Qk-dianR/ed diR)
Bagikan:
Telah dilihat 581 kali